Minggu, 10 April 2016

11 CARA MEMPERCEPAT KINERJA LAPTOP WINDOWS

Cara mudah mempercepat kinerja laptop Windows
Cara Terampuh Percepat Kinerja PC Windows 


dymazduke - Apakah komputer anda mulai menampakan gejala perlambatan, seperti berdesing dan bergemuruh ketika anda menyalakannya? Sebelum anda menghabiskan ratusan atau bahkan ribuan menit mengotak-atik pengaturan Windows anda. Barangkali anda bisa mencoba 11 cara ini, 11 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows ini adalah cara mudah untuk mengatasi masalah masalah tersebut pada komputer Windows anda. Berikut tahapan tahapannya.

Sebelum anda memulai 11 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows, pastikan anda sudah mencadangkan file-file penting anda! Banyak cara untuk mencadangkan file-file penting anda, seperti mencadangkan ke hard drive eksternal, menyimpan file anda di online Backup, atau juga menyimpan file penting anda di CD atau DVD. Setelah anda mencadangkan file anda, silahkan restart komputer anda , mungkin proses ini akan sedikit memperlambat komputer anda, dikarenakan komputer anda akan melakukan penyegaran memori dalam prosesnya. Atau kalau tidak di restart anda juga bisa melakukan shut down, setelah itu tunggu beberapa menit sampai komputer anda benar benar mati. Setelah itu nyalakan lagi untuk menjalankan cara-cara ini.

Adapun 11 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows anda yang lambat adalah sebagai berikut:

1.       Periksa kapasitas memori penyimpanan pada hard disk komputer anda. Klik My Computer > klik kanan Local Drive > klik Properties. Disana anda akan melihat pie chart yang menunjukan kapasitas memori yang digunakan dan memori yang masih kosong. Jika local disk anda hampir penuh, anda perlu menghapus program-program berikut file-file yang tidak dibutuhkan lagi. Namun apabila local disk anda masih banyak ruang kapasitas penyimpanannya, maka mungkin saja ada sesuatu yang salah dengan system operasi komputer anda.
Catatan:
-          Aturan normalnya, lebih baik anda mengosongkan ruang penyimpanan komputer anda  paling tidak 15% supaya komputer anda tetap berjalan lancar dan normal.
-          Saya menyarankan anda untuk membeli dan menginstall Solid State Drive (SSD) untuk mengganti dan melengkapi hard disk anda. SSD ini cara kerjanya lebih cepat dan lebih aman pula daripada hard drive.

2.       Remove/hapus program-proram yang sudah tidak digunakan. Masuk ke Control Panel > klik Add or Remove Programs (atau “unisntall a Program”, berdasarkan system operasi yang anda gunakan) untuk menampilkan semua daftar program yang telah terinstall di komputer anda. Dari sini anda anda bisa mengeksekusi semua program yang sudah tidak digunakan lagi oleh anda.
Catatan:
-          Setelah anda menghapus semua program yang tidak penting, jangan lupa anda juga harus mengosongkan recycle bin anda.

3.       Cegah atau hentikan program program yang otomatis berjalan ketika komputer anda memulai sistem operasi Windows anda pada proses computer boots up. Jarang pengguna komputer tahu bahwa ada beberapa program komputer yang berjalan dibelakang layar, dan program tersebut merupakan salah satu pemicu perlambatan komputer anda. Untuk menghentikannya anda buka Start Menu > klik run search ketik “msconfig” > klik Startup untuk melihat daftar semua program yang berjalan ketika proses boot up pada komputer anda, kemudian anda non aktifkan program-program yang tidak diperlukan.

4.       Ubahlah pengaturan Power plan pada desktop komputer anda menjadi High Performance. Masuk ke Control Panel > pilih Power Options. Disana akan ada kotak dialog tentang daftar power plans, yakni balanced, Power Saver dan High Performance. Pengaturan ini mengontrol pengaturan daya pada komputer anda, yang mana semakin rendah kualifikasi performance maka akan rendah juga pemakaian data, dan semakin tinggi performance yang diterapkan maka akan tinggi pula pemakaian daya pada komputer anda. Dan dengan memilih mode High Performance secara otomatis hal ini akan menambah kecepatan kerja komputer anda.

5.       Hapus entri-entri yang tidak dibutuhkan pada Menu Contextnya Windows anda.  Menu Context adalah menu yang tampil ketika anda melakukan klik kanan pada suatu icon atau file di komputer anda. Beberapa program akan secara resmi meminta persetujuan untuk tampil di menu itu, tetapi ada juga yang secara otomatis langsung tampil tanpa persetujuan pengguna komputer. Untuk meremove nya anda tekan  Win+R  untuk membuaka kotak Run. Ketik regedit dan klik OK > Klik HKEY_CLASSES_ROOT > *>shellex > ContextMenuHandlers, dari daftar yang ditampilkan, anda hapus aplikasi yang tidak perlu dimasukan ke menu context.

6.       Install Anti-virus, spyware scanner dan anti-malware pada komputer anda. Dengan menginstall daftar software tersebut maka anda akan mengurangi efek bug, virus dan gangguan lain yang mungkin menginfeksi komputer anda, secara otomatis kalau komputer anda tidak terinfeksi maka hal ini akan meningkatkan kecepatan komputer nada.

7.       Jalankan program Disk Cleanup. Dengan program ini anda bisa mengoptimalkan pembersihan file-file yang tidak diperlukan di komputer, seperti file sementara, system file yang tak berguna, pembersihan recycle bin dll. Caranya klik My Computer > Klik kanan > Klik Properties > Klik Disc Cleanup. Setelah itu anda akan diberi kesempatan untuk memilih file-file yang mau di hapus.

8.       Jalankan program Disk Defragment. Ketika data sistem komputer anda berhamburan setelah melakukan banyak proses operasi, komputer anda harus mengumpulkan kembali fragments file yang tersebar di seluruh hard drive komputer anda. Dengan program Defragmenting secara otomatis file-file yang berceceran akan disusun kembali secara normal. Setelah selesai tentunya komputer anda akan memberikan efek yang lebih cepat.

9.       Hilangkan pengaturan visual effect yang tidak diperlukan. Ada 20 varian visual effects yang bisa anda nyalakan dan matikan. Maka apabila anda mematikan semua efek visual tersebut secara otomatis hal itu akan memaksimalkan performa komputer anda. Caranya Klik Control Panel > System > klik Advance System Settings > Pilih tanda yang menampilkan pesa “Adjust for best performance.

10.   Tambahkan memori RAM pada komputer anda. Untuk memastikan anda harus menambahkan RAM pada komputer anda, pertama anda masuk ke program Windows Task Manager dengan menekan Ctrl + Alt + Del. Dibawah kotak dialog task Manager anda lihat area yang menampilkan Physical Memory (MB). Jika jumlah memori yang digunakan kurang dari 25% dari total keseluruhan memori, maka anda perlu menambahkan memori RAM komputer anda.

11.   Hapus Gadget windows yang tidak digunakan. Klik kanan dan klik Gadgets. Klik kanan pada gadget yang ingin anda hapus dan klik Uninstall.

Baiklah para d’readers sekalian, demikian 11 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows, saya paparkan, semoga postingan ini memberikan dampak positif untuk anda. Terima Kasih!  

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com

Copyright © dymazduke.com | Powered by Dimas Masduki

Design by DymazCreativeDesign | Blogger Theme by IamAGeek | www.dymazduke.com      Up ↑